Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca - 5 Cara Manjur Ini Bisa Di Coba!

0
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Seperti kita ketahui mas/mba, Flashdisk adalah perangkat penyimpanan eksternal yang sangat penting, praktis dan fleksibel bagi banyak orang. Namun, ada kalanya saat kita mencolokkan flashdisk ke komputer, perangkat ini tidak terbaca?? Masalah ini dapat sangat menjengkelkan karena dapat mengakibatkan kehilangan data-data penting dan berharga. Artikel ini akan membahas beberapa langkah langkah untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, sehingga kamu dapat mengakses datanya kembali. Lets go..

1. Periksa Kabel dan Port USB

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah memeriksa apakah kabel USB yang digunakan berfungsi dengan baik. Cobalah menggunakan kabel USB yang berbeda untuk melihat apakah flashdisk masih terdeteksi. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa port USB pada komputer. Port USB yang rusak dapat menyebabkan masalah pada deteksi flashdisk.

2. Gunakan Komputer Lain

Jika flashdisk masih tidak terdeteksi setelah memeriksa kabel dan port USB, coba gunakan flashdisk tersebut di komputer lain. Terkadang masalahnya bisa terletak pada komputer, bukan pada flashdisk itu sendiri. Jika flashdisk berfungsi dengan baik di komputer lain, kemungkinan ada masalah dengan sistem atau driver USB pada komputer.

3. Periksa Device Manager

Buka "Device Manager" pada komputer dan periksa apakah ada perangkat yang tidak dikenali atau dengan tanda seru kuning. Jika ada, itu menunjukkan adanya masalah dengan driver perangkat USB. Cobalah untuk meng-update driver atau menginstal ulang driver USB tersebut.

4. Gunakan Command Prompt

dan juga dapat mencoba memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca melalui Command Prompt. Caranya, klik "Start" dan cari "Command Prompt." Klik kanan pada Command Prompt dan pilih "Run as administrator." Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik "chkdsk /f [drive letter]:" dan tekan Enter. Command Prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada flashdisk kamu.

5. Gunakan Software Pemulihan Data

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, dapat menggunakan software pemulihan data untuk mencoba mengakses kembali data di flashdisk yang tidak terbaca. Ada banyak software yang tersedia secara online yang dapat membantu dalam proses ini. Pastikan untuk memilih software yang terpercaya dan sesuai dengan sistem operasi komputer.

Related Posts

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)